Selasa, 17 November 2009

Gading Kapal

Gading-gading merupakan struktur rangka dari kapal dimana kulit – kulit kapal diletakkan, jadi kulit-kulit kapal semuanya akan bergantung pada seberapa kuatnya dan kokohnya gading kapal yang tersusun.
Nama dari gading disesuaikan dengan tempatnya. Gading yang terletak disekitar haluan tersebut gading haluan,gading ini dipasang dengan tujuan sebagai struktur rangka haluan.
Gading yang terletak pada tempat yang terlebar dari kapal disebut gading besar,gading pada tempat ini juga mempunyai peran yang tidak kalah pentingnya dengan gading yang terpasang di tempat lainnya, karena gading ini bertanggung jawab atas bagian penampang terluas di kapal,jadi mutlak memerlukan ketelitian prebuilding yang sangat akurat.
Gading yang terletak di sarung poros baling – baling disebut gading kancing . Gading – gading ini mempunyai jarak antara satu dan lainnya kira – kira antara 500 sampai 1000 mm disesuaikan dengan ukuran kapal dan diberi nomor urut mulai nol yang dimulai dari belakang.Gading ini bertugas sebagai kerangka struktur yang menopang sarung poros baling-baling agar kapal dapat memaximalkan tenaga kapal yang tersedia.
Kemudian tentang gading-gading sendiri ada cara perencanaan kapal yang benar yaitu kalau umumnya merencanakan pembuatan kapal, maka panjang kapal itu di bagi 10 atau 20 bagian yang sama masing-masing sepanjang 1 satuan
Garis-garis tengah yang mmembatasi bagian-bagian ini disebut gading ukur atau di dalam, perhitungan dinamakan ordinat atau station.Gadin-gading ukur dinomori 1 s/d 10 atau 0 s/d 20 dimulai dari kiri. Gading ukur dengan nomor 0 adalah tepat pada garis tegak belakang (Gtb) atau after perpendicular (AP) sedangkan gading ukur dengan nomor 10 atau 20 adaalah tepat pada garis tegak haluan atau fore perpendicular.


Jati Ardiyatmoko

Tidak ada komentar:

Posting Komentar